Biodata Charlie Chaplin

Posted by Fauza on Friday, April 22, 2011

Biodata Charlie Chaplin - setelah sebelumnya saya istirahat dari aktifitas online, kini saatnya saya kembali beraksi setelah berperang dengan UAN yang begitu membuat saya stress, bingung mengawali berita apa yang ingin saya sampaikan, saya berkunjung ke google insight dan saya menemukan penelusuran yang melonjak tentang " charlie chaplin ", yupz,, charlie chaplin siapakah dia? setelah browsing-browsing mengenai charlie chaplin akhirnya saya tau juga tentang sosok charlie chaplin ini.

charlie chaplin, adalah aktor komedian hollywood charlie chaplin juga merupakan aktor terkenal dalam sebuah film yang sangat melegenda pada tahun itu, bukan hanya sebagai aktor charlie chaplin juga seorang sutradara yang sukses. Akting charlie chaplin di layar hitam putih menjadikan charlie chaplin sebagai seorang yang handal dalam bidang pantomim dan badut terbaik yang sering dijadikan teladan bagi seniman yang bergelut dibidang itu.

Charlie Chaplin adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dan paling kreatif di era film bisu. Di dalam film-filmnya, Charlie Chaplin dikenal suka merangkap-rangkap, mulai dari peran utama, sutradara, penulis naskah, hingga pengisi ilustrasi musik. Karier di dunia hiburan berlangsung selama 65 tahun, dirintisnya sebagai pemeran cilik di panggung zaman Victoria dan pertunjukan komedi music hall di Inggris, dan Charlie ChaplinCharlie Chaplin terus berkarya hingga sebelum meninggal di usia 88 tahun. Kehidupan penuh pasang surut, mulai dari masa kecil yang dibalut kemiskinan, hingga tiba di puncak ketenaran bintang Hollywood sekaligus simbol budaya. Kehidupan pribadinya yang gemerlap mengundang banyak sanjungan sekaligus kontroversi.



Charlie Chaplin lahir tanggal 16 April 1889 di East Street, daerah pasar yang ramai di Walworth, sebelah selatan kota London. Kedua orang tuanya yang bekerja sebagai artis penghibur pertunjukan komedi music hall bercerai sebelum charlie chaplin menginjak usia 3 tahun.

Menurut data sensus tahun 1891, charlie chaplin tinggal bersama kakak dan ibunya yang bernama Hannah di Barlow Street, Walworth. Sewaktu masih kanak-kanak, ibunya mengajak charlie chaplin tinggal berpindah-pindah di sekitar Kennington Road, kawasan Lambeth, London.

Ayah kandungnya yang bernama Charles Chaplin Senior adalah keturunan orang Roma, seorang peminum dan hanya sekali-kali saja menghubungi putranya. Ketika ibunya sedang sakit, Chaplin sempat dititipkan di rumah sang ayah yang ketika itu tinggal bersama seorang wanita simpanan. Rumah tersebut ada di 287 Kennington Road, dan sekarang terdapat plakat peringatan yang menyatakan Charlie Chaplin pernah tinggal di sana.

Ketika masih berusia 12 tahun, charlie chaplin ditinggalkan sang ayah untuk selama-lamanya. Chaplin dan kakak sekandung lain bapak yang bernama Sydney Chaplin menjadi tanggung jawab sang ibu, Hannah Chaplin. Malang tidak bisa ditolak, ibu Chaplin menderita Skizofrenia dan akhirnya harus dirawat di rumah sakit jiwa Cane Hill di Coulsdon.

charlie chaplin terpaksa tinggal di rumah penampungan orang miskin, bekerja untuk imbalan makan dan tempat berteduh di kawasan Lambeth, London. Setelah tinggal di sana beberapa minggu, charlie chaplin dimasukkan sekolah asrama penampungan anak terlantar bernama Central London District School di Hanwell.

Kakak-beradik Chaplin berjuang bahu-membahu agar bisa bertahan hidup. Chaplin bersaudara tertarik tampil dalam pertunjukan komedi Music Hall di usia yang sangat dini, dan ternyata keduanya memiliki bakat akting alami. Masa kecil Chaplin yang dikungkung kemelaratan nantinya sangat berpengaruh terhadap karakter yang diperankan dan tema film yang dibuatnya.

Tanpa diketahui Chaplin bersaudara, sang ibu ternyata masih memiliki seorang putra bernama Wheeler Dryden yang dibesarkan ayah kandungnya di luar negeri. Wheeler Dryden, adik sekandung Chaplin ini nantinya bergabung dengan Chaplin bersaudara, dan bekerja untuk studio Chaplin di Hollywood.

Di tahun 1928, ibu Chaplin wafat di Hollywood, setelah 7 tahun tinggal di Amerika Serikat atas ajakan ketiga putranya yang sudah sukses.

Dan Berikut Adalah sedikit Bography dari seorang charlie chaplin:

Charlie Chaplin

Chaplin in 1920
Birth name Charles Spencer Chaplin
Born 16 April 1889(1889-04-16)
Walworth, London,
United Kingdom
Died 25 December 1977(1977-12-25) (aged 88)
Vevey, Vaud,
Switzerland
Medium Film, music, mimicry
Nationality British
Years active 1895–1976
Genres Slapstick, mime, visual comedy
Influenced Milton Berle
Rowan Atkinson
Johnny Depp
Spouse Mildred Harris (m. 1918–1921) «start: (1918)–end+1: (1922)»"Marriage: Mildred Harris to Charlie Chaplin" Location: (linkback:http://en.wikipedia.org/wiki/Charlie_Chaplin)
1 child
Lita Grey (m. 1924–1927) «start: (1924)–end+1: (1928)»"Marriage: Lita Grey to Charlie Chaplin" Location: (linkback:http://en.wikipedia.org/wiki/Charlie_Chaplin)
2 children
Paulette Goddard (m. 1936–1942) «start: (1936)–end+1: (1943)»"Marriage: Paulette Goddard to Charlie Chaplin" Location: (linkback:http://en.wikipedia.org/wiki/Charlie_Chaplin)
Oona O'Neill (m. 1943–1977) «start: (1943)–end+1: (1978)»"Marriage: Oona O'Neill to Charlie Chaplin" Location: (linkback:http://en.wikipedia.org/wiki/Charlie_Chaplin)
8 children
Sebarkan Berita Ini Ke Teman-teman Anda Di Facebook

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment